BOLU KUKUS

Ini adalah jajanan favorit saya sejak masih kecil dulu. Saya ingat mama cukup sering membuat bolu kukus di rumah sebagai cemilan anak-anaknya. Sebagai anak-anak yang pertama saya sukai adalah perpaduan warna-warnanya dan saya paling suka bolu kukus coklat heheheh.

Banyak beredar postingan teman-teman tentang 'kutukan bolu kukus' dan itu sempat membuat saya males untuk membuatnya. Akhirnya rasa males itu kalah juga oleh rasa penasaran saya, bisa gak ya saya bikin bolu kukus yang ngakak sempurna. Dan inilah penampakan bolu kukus pertama saya yang belum bisa ngakak dengan sempurna. It's oke lah...next time better, walau sampai saat ini saya belum sempat mengulang lagi bikin bolu kukus heheheh.


Resep bolu kukus yang saya pakai tentunya sudah banyak yang tahu ya, diambil dari NCC, yaitu bolu kukus 10 menit


BOLU KUKUS
source : NCC


Bahan:
500 gr tepung terigu
450 gr gula pasir
2 sdt baking powder
4 butir telur
300 ml santan (sy rebus dengan menambahkan daun pandan)
1 sdm emulsifier
1 sdt pasta coklat
1sdt pasta pandan

Cara Membuat:

Campur tepung terigu dan baking powder, ayak dan sisihkan

Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan campuran tepung dan santan bergantian, sambil diaduk rata

Ambil sebagian adonan, bagi kembali menjadi 2, beri masing-masing bagian pasta coklat dan pasta pandan

tuang ke dalam cetakan yaitu pertama adonan putih kemudian adonan coklat, adonan hijau dan adonan coklat kembali (bisa dibalik sesuai selera ya)
Kukus selama kurang lebih 10 menit dengan api besar

Untuk menghasilkan bolkus yang merekah dengan sempurna, pastikan bahwa kocokan adonan sudah benar-benar kental ya dan juga pengisian pada paper cup yang agak penuh. Sepertinya karena adonan saya kurang kental, jadi merekahnya masih agak malu-malu  ^_^