ROTI SOBEK


Penasaran pengen bisa bikin roti?? Sama seperti yang saya alami. Selama ini suka banget makan roti tapi dimanjakan oleh banyaknya toko roti, tinggal pilih, bayar dan makan. Jadinya menumpuk lah rasa malas untuk nguleni adonan untuk bikin roti sendiri.
Akhirnya rasa malas kalah juga ama rasa penasaran saya dan ini lah penampakan roti pertama saya. Bentuknya biasaaa banget, tapi saya cukup puas dengan tekstur dan rasanya. Nggak kalah deh dengan roti sobek ala toko. Untuk filling-nya saya cukup memakai selai strawberry dan selai coklat kacang, karena  memang hanya itulah yang masih tersisa di rumah hihihi.
Resep roti sobek ini saya dapatkan dari blog almarhum Bunda Inong...matur nuwun ya Bunda, Insya Allah ilmu dari Bunda bisa menjadi bekal buat Bunda kelak...amin.
Saya cukup membuat 1/2 resep saja, karena sudah cukup untuk keluarga kecil saya. Check resepnya ya...

ROTI SOBEK
source : almarhum Bunda Inong

Bahan:
175 gr tepung terigu protein tinggi
75 gr tepung terigu protein sedang
65 gr gula pasir halus
1 sdm susu bubuk
8 gr ragi instan
1 butir telur kocok lepas
90 ml air hangat
1 sdt garam
40 gr margarin

Isian:
anything you like ya, misalnya selai, vla keju, kacang tumbuk

Taburan (optional):
wijen putih

Olesan:
susu evaporated atau 1 kuning telur yang dicampur sedikit susu cair

Olesan akhir:
margarine

Cara membuat:
Campur ragi instan bersama air hangat, 1 sdt gula pasir, diamkan sejenak hingga berbusa dan mengembang
Campur tepung terigu, gula, susu dan garam, aduk hingga rata
Masukkan telur, margarine dan air ragi sedikit demi sedikit, aduk hingga rata kemudian uleni hingga kalis dan elastis.
Setelah kalis dan elastis, diamkan adonan hingga mengembang selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengembang dua kalinya, tutup dengan lap yang lembab (proofing 1)
Setelah mengembang, kempiskan adonan, bentuk bulat-bulat dan timbang @40 gr, diamkan selama kurang lebih 10 menit (proofing 2)
Beri isian sesuai selera, letakkan di loyang yang telah dioles tipis margarin, diamkan kembali selama kurang lebih 15-30 menit (proofing 3)
Olesi permukaannya dengan bahan olesan, taburi dengan wijen putih
Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven ya)
Angkat dan oles dengan margarin agar permukaannya tampak mengkilat.
Masukkan ke dalam plastik atau tempat tertutup agar roti tidak kering.

Hmmmm....nikmat sekali dinikmati saat sarapan bersama secangkir kopi atau teh hangat. Memang agak repot nguleni adonannya, apalagi bagi yang tidak punya Bread Maker seperti saya, tapi pasti lebih puas menikmati homemade bread.